fb

Feature buletin

Hukum Bermain Game Online Dalam Islam

Asosiasi penyelenggara jasa internet Indonesia baru- baru ini memberikan data survey terkait peningkatan jumlah pengguna internet Indonesia yang sudah mencapai 63 juta orang. Dalam islam bermain game dipandang sebagai al-lahwu wa al-tarwih atau sarana hiburan untuk melepas lelah.

Dalam hal ini, islam sangat memberikan keleluasan dan kelapangan bagi manusia untuk merasakan kenikmatan hidup. Jika manusia menginginkan permainan game sebagai sarana untuk menghibur diri atau mencari ketenangan maka islam menghalalkannya dengan syarat permaianan tersebut tidak mengandung konten dan tujuan yang diharamkan islam.

Game atau permainan tertentu bisa menjadi haram ketika materi permainan yang disajikan bertentangan dengan prinsip-prinsip pokok dalam islam, baik di ranah akidah, akhlak maupun ibadah. Pilihlah materi game yang tidak merusak moral, tidak mengandung unsur- unsur kekerasan, brutalitas dan seksualitas.

Bermainlah game sesuai dengan porsinya, jangan berlebihan jangan sampai game menyita sebagian besar atau seluruh waktu hidup kita dan yang terpenting jangan sampai membuat kita terjerumus pada kecanduan.

Share

COMMENTS

OTHER VIDEOS